Call Center

Call Center




Thursday, June 7, 2018

jual kambing qurban Kota Balikpapan


Assalamualaikum teman – teman semua.

Hari Raya Idul Adha akan tiba beberapa waktu lagi.
Saatnya untuk masyarakat muslim mempersiapkan hewan kurban untuk ibadah penyembelihan hewan. 

Tentu sangat penting bagi kita untuk mengetahui syarat hewan qurban yang sah sesuai dengan tuntunan agama Islam.
Al-Khoir Aqiqah telah mengumpulkan beberapa syarat - syarat yang perlu teman – teman ketahui mengenai hewan yang akan disembelih nantinya. Harapan kami bisa memudahkan teman – teman  dalam mempersiapkan hewan yang akan dibeli untuk ibadah kurban.
jual kambing qurban  Kota Balikpapan

Pada pembahasan kali ini Al-Khoir Aqiqah mengacu pada kriteria hewan yang digunakan untuk berkurban. Kriteria tersebut terdiri dari kriteria keabsahan dan sunnah.  Keabsahan hewan kurban dilihat dari sifat yang dimiliki oleh hewan itu sendiri yang mana akan ditentukan mana yang sah dan tidak untuk digunakan sebagai hewan kurban, contohnya: jenis hewan yang bisa digunakan untuk kurban. Kriteria kedua adalah sunnah yang dilihat dari keutamaan yang dimiliki oleh jenis hewan tersebut dibandingkan dengan jenis yang lain.

1.      Jenis hewan kurban yang diperbolehkan.
Allah SWT  berfirman:
وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ الله عَلَى مَا رَزَقَهُم مِّن بَهِيمَةِ الأَنْعَامِ
“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka…”(QS. Al Haj: 34).

Syarat hewan kurban yang pertama perlu teman – teman  ketahui adalah jenis hewan yang diperbolehkan untuk berkurban sesuai syariat Islam. Hewan yang memenuhi syarat untuk berkurban adalah bahimatul an’am (bintang ternak). Hewan yang termasuk dalam jenis tersebut adalah unta, sapi, kambing dan domba. Hal ini sesuai dengan kesepakatan ulama yang disebutkan oleh Imam An-Nawawi (Syarh Shahih Muslim, karya An-Nawawi).jual kambing qurban  Kota Balikpapan

  1. Status kepemilikan hewan. Setelah mengetahui syarat hewan kurban dari jenis hewan yang diperbolehkan, syarat selanjutnya adalah mengenai status kepemilikan / proses mendapatkan hewan tersebut. Hewan yang memenuhi syariat adalah hewan yang diperoleh secara halal dan dimiliki dengan akad yang halal. Jadi bukan merupakan hewan curian atau hewan yang dimiliki dengan uang yang haram, seperti riba misalnya. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, “Sesungguhnya Allah itu Maha Baik, dan tidak menerima kecuali yang baik…” (HR. Muslim)

  1. Kondisi fisik dan kesehatan hewan. Syarat hewan kurban yang sesuai syariat selanjutnya adalah kondisi kesehatan hewan. Hewan yang sah untuk berkurban adalah hewan yang tidak cacat, dimana ada 4 cacat yang menyebabkan hewan tidak sah untuk dijadikan hewan kurban. Adapun 4 cacat tersebut adalah salah satu matanya ada yang buta dan itu jelas diketahui butanya, hewan tersebut sakit dan diketahui secara jelas bahwa hewan itu sakit, hewan yang pincang dan secara jelas diketahui bahwa hewan itu pincand dan keempat adalah hewan yang sangat kurus sampai tidak punya sumsum tulang.

4.      Usia hewan kurban. Ada kriteria umur hewan yang akan digunakan untuk berkurban. Berikut ini usia minimal hewan yang sah untuk dijadikan hewan kurban :
§  Unta Genap 5 tahun, masuk tahun keenam
§  Sapi Genap 2 tahun, masuk tahun ketiga
§  Kambing Genap 1 tahun, masuk tahun kedua
§  Domba Genap 6 bulan, masuk bulan ketujuh
Hal ini perlu Anda perhatikan saat membeli hewan kurban, usahakan agar usia minimal hewan tersebut sesuai dengan syarat hewan kurban diatas.

Setelah mengetahui beberapa syarat dalam memilih hewan qurban, tentunya teman – teman harus mencari dan menemukan tempat penjual hewan qurban.
Al-Khoir Aqiqah ialah pilihan yang tepat untuk teman – teman yang mencari penjual hewan qurban.
Harga yang kami tawarkan juga sangat hemat dan dengan kualitas hewan yang terbaik.

Untuk pemesanan teman – teman dapat melakukan nya melalui whatssap ataupun telepon
Di nomor :
Telepon / WA  : 0852 - 1839 - 5370 atau 0823 - 1246 – 6713 jual kambing qurban  Kota Balikpapan
                                           
Terimakasih,   Wassalamualaikum.





0 comments:

Post a Comment